Melati Mungil Harum

Hmmm...semerbak wanginya di kebun kecil rumahku. Tak usah kita dekatkan hidung lebih dekat, wanginya sudah menyebar kemana-mana. Harumnya yang sangat dahsyat tidak sebanding dengan ukuran bunganya yang imut dan mungil. Itulah bunga melati :).

Bunga Melati - KKTS

Jadi teringat sewaktu pemakamannya Pak Harto, begitu banyak bunga melati dipersiapkan untuk menjadi taburan di makamnya. Bunga yang memiliki nama latin Jasminum officinalle ini tidak hanya harumnya saja yang besar. Manfaatnya juga sangat besar dan sangat banyak. Sebelum diolah, sebagai bunga yang utuh, melati bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan, penghias konde pengantin wanita, taburan makam serta dijadikan sebagai rangkaian bunga.

Setelah diolah pun, bunga melati sangat banyak manfaatnya. Bisa dijadikan sebagai obat-obatan, bahan kosmetik dan teh wangi. Dari yang pernah baca di buku, melati bisa diambil sari minyaknya dan katanya aroma sari minyak ini bisa berbahaya bagi yang sedang hamil yaitu bisa keguguran. Meski bukan sari minyaknya, mungkin ini seperti Mama-ku juga yang mual-mual perutnya tidak tahan dengan aromanya yang ditaruh di ruang tamu, padahal tidak hamil huahahaha.

Sebagai bahan dasar pembuat teh wangi, kita pun bisa membuat teh dengan aroma melati sendiri di rumah. Berikut cara pembuatannya :
  • Petiklah 10 buah bunga melati.
  • Siapkan panci dengan 800 mL air.
  • Lalu rebus hingga matang dan saring. Sekarang air melati sudah jadi.
  • Siapkan cangkir dengan teh biasa lalu seduh dengan air melati dari hasil rebusan tadi.
  • Tambahkan gula pasir secukupnya.
  • Teh melati pun siap diminum.

Melati. Meski tubuhmu kecil, tapi wangi dan khasiatmu sangat besar :).

0 komentar:

Post a Comment

Pengen komentar, usul, kritik? Sah-sah az..ga bole malu2 yaaa =))