Smiley "Gue Bangetzz" untuk CBOX Kamu

Sekali lagi, aku akan membahas tentang shoutbox, setelah sebelumnya pernah membahas Chatango dengan kelebihan dan kekurangannya. Kali ini aku ingin membahas tentang CBOX. Salah satu shoutbox yang paling banyak digunakan oleh para blogger dan sangat jarang sekali mengalami gangguan.

Tepatnya aku ingin membahas smiley-nya. Di dalam cbox, smiley-nya sangat fleksibel untuk dapat diotak-atik sesuai dengan smiley yang kita inginkan. Bisa smiley dalam format jpg, bisa juga smiley dalam format gif (gambar gerak), lebih seru khan? ;). Kita pun bisa mengatur jumlah banyaknya smiley yang akan ditampilkan dalam blog kita itu. Hanya, ukuran smiley-nya terbatas, tidak bisa terlalu besar atau terlalu panjang, karena hasil tampilannya akan menjadi sangat kecil. Karena itu, gunakan smiley yang ukurannya standar saja.

Bosan dengan smiley yang itu-itu saja? Tidak ada salahnya kan mulai sekarang menggantinya dengan smiley pilihan kamu sendiri, dengan kata lain "Gue Bangetzz" :D. Berikut tutorial cara penggantian smiley cbox yang bisa aku berikan :
  1. Carilah smiley yang akan kamu gunakan. Jika kamu tergabung dalam suatu forum, smiley yang ada disana bisa dijadikan alternatif. atau kamu bisa mencarinya dengan googling "smiley maker". Disana kamu bisa menemukan banyak website yang menyediakan fasilitas membuat smiley kreasi kamu sendiri.
  2. Setelah kamu menemukan smiley-nya, kamu simpan dalam folder khusus di komputer.
  3. Lalu upload satu per satu melalui website yang menyediakan layanan upload gratisan. Atau jika ingin lebih aman, gunakan hosting sendiri untuk meng-uploadnya.
  4. Sekarang buka account cbox kamu. Klik di sidebar kiri tulisan Smilies.
  5. Copy paste-kan satu persatu kode smiley yang sudah kamu upload tadi ke dalam setiap baris smiley aslinya cbox. Dimulai dari baris yang paling atas.
  6. Ganti kode panggil smiley asli-nya jika kamu rasa tidak sesuai dengan smiley upload-an kamu tadi.
  7. Delete smiley asli yang tidak digunakan oleh kamu.
  8. Lalu save dan lihat-lah sekarang, cbox kamu menjadi lebih berwarna dan fresh smiley. Ga ngebosenin lagi khan? ;)

Aku pun sudah mempraktekkannya dan jika ingin melihat contohnya bisa dikroscek di blog Dealovy. Semoga tips blogging kali ini bisa bermanfaat bagi semuanya. Enjoy and get creative with your own cbox :).

7 komentar:

  1. klo mw smiley yg lucu seh bsa dlyad dee..
    www.kolobok.us

    ReplyDelete
  2. hi :)

    utk alternatif smiley coba cari d http://smileylover.com :)

    salam ..

    ReplyDelete
  3. saya masih kesulitan untuk membuat smiley di cbox atau shut mix.. mohon bantuannya..........

    ReplyDelete
  4. mksih infonya.. saya mau tanya ada gak situs tempat kumpulan gambar smiley nya...

    ReplyDelete
  5. tq for the info..will try now :)

    ReplyDelete
  6. info bagus sob aku coba ya

    ReplyDelete
  7. mana sob emoticonnya???
    :D

    ReplyDelete

Pengen komentar, usul, kritik? Sah-sah az..ga bole malu2 yaaa =))