Sambutan pada Kolom Komentar BLOGGER

Mungkin masih ada yang belum mengetahui atau tidak "ngeh" mengenai salah satu fasilitas dari BLOGGER tentang kata sambutan di kolom komentar. Tidak sengaja sewaktu blogwalking dan mau memberi komentar, ada kata-kata mutiaranya gitu. Terasa asing karena biasanya aku tidak menemukan kata-kata seperti itu di blog orang lain yang menggunakan platform BLOGGER.

Karena penasaran, akhirnya login ke account Blogger-ku dan masuk ke settings bagian komentarnya. Ternyata disana ada kotak tempat kita bisa menuangkan kata sambutan bagi para pengunjung. Bisa dilihat pada gambar di bawah.

setting kolom komentar - KKTS

Isilah kotak kosong tersebut dengan kata sambutan ala kamu sendiri. Bisa berupa penggalan puisi favorit atau kata-kata mutiara. Memang bukan hal yang besar, tapi aku yang mengalaminya sendiri, merasa disambut dengan ramah dan tangan terbuka ketika membacanya untuk memberikan komentar. Ibaratnya seorang tamu yang disambut ramah atas kunjungannya, sehingga merasa tergerak hatinya untuk membalas kebaikan tuan rumah tersebut. Interaksi terselubung antar blogger.

Hasil tampilannya bisa kamu lihat pada kolom komentar di blog ini atau dicoba saja di blog kamu :).

Tambahan :
Berbicara tentang komentar di BLOGGER, aku sedikit punya keluhan dan ingin memberi saran. Jika blog yang memakai fasilitas memajang Recent Comments di bagian sidebarnya, maka akan tampil nama dan komentar dari pengunjung termasuk yang punya blog. Tapi untuk tampilan nama dan komentar dari yang punya blog terasa agak mengganggu, seperti yang bisa dilihat sekarang, nama dan komentarku berderet dua untuk post yang berbeda :-|.

Inginnya seperti Wordpress yang bisa MENGEDIT komentar sehingga kita sebagai yang punya blog, bisa membalas di dalam komentar pengunjung tersebut dan recent comments yang akan tampil pun hanya nama dan komentar dari pengunjung saja. Kamu bisa melihat contohnya di blog Uda Dewa.

Meski tidak dipungkiri, BLOGGER banyak melakukan terobosan baru dalam hal komentar ini. Yaitu dengan menampilkan ikon kecil BLOGGER (seperti favicon) bagi para blogger yang memberi komentar dengan menggunakan ID BLOGGER-nya atau yang hanya menampilkan nama dan link-nya saja bagi yang blognya menggunakan platform BLOGGER.

Mudah-mudahan BLOGGER bisa memberikan cara yang lebih mudah lagi dalam perihal komentar ini, hingga bagi orang-orang yang dulunya malas untuk memberikan komentar di blog yang menggunakan BLOGGER karena alasan lama dan ribet, jadi mau untuk memberikan komentarnya. Bukan begitu?? :)

0 komentar:

Post a Comment

Pengen komentar, usul, kritik? Sah-sah az..ga bole malu2 yaaa =))