Ganti Layout (lagi)

Sebelum ke topik, pengen ngomong ini dulu. Duuuhh, gempanya besar banget tadi malam. Aku yang lagi tidur jam 12 malam tadi, jadi bergoyang-goyang, sadar dan langsung mengambil hp, dompet dan surat-surat penting yang sudah kupersiapkan dari dulu. Lalu ngacir ke bawah tanpa babibu lagi dan lari ke teras rumah. Lampu yang digantung di ruang tamu sampai berbunyi dan bergoyang kencang. Setelah reda, aku tidak berani ke atas dan diam di kamar Aldi, adikku.

Sambil melihat transtv yang pertama kali mengumumkan perihal gempa tersebut via running text. Pusat gempa di Barat Laut Indramayu, dengan kedalaman 286 km, kekuatan 7,0 Skala Richter. Tak berapa lama kemudian di metrotv, running text dan headline news yang menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami dan selain di Bandung, terasa sampai ke Jakarta (tahu karena nge-sms Uda), Banten, Yogyakarta, Cilacap, Lampung, Bengkulu. Huuw, kedua kalinya ngerasain gempa. Waktu menelepon Uda pun masih merinding. Sereeem banget...


Back to the topic. Setelah layout kupu-kupu pink gelap kemarin dengan alpha opacity-nya, yang aku rasa banyak bug-nya, akhirnya aku mencoba menggantinya dengan kreativitas diri sendiri seperti membuat design header gambar dan background repeat-nya. Ganti layout yang keempat kalinya. Seharusnya di-post kemarin topik ini karena layoutnya sudah diganti mulai hari Rabu kemarin, 08.08.07.

Kali ini dengan mempraktekkan satu hal yang dari dulu sulit untuk ku pahami. Area shape. Yaitu semacam kode pemecahan bagian-bagian gambar untuk dijadikan navigasi menuju ke link-link tertentu atau isi blog itu sendiri. Banyak jenis area shape sebenarnya. Baru 3 jenis area shape yang aku pelajari. Dua jenis yang hanya menggunakan 1 gambar utama kemudian dipecah koordinatnya sesuai potongan gambar yang kita inginkan. Dan satu jenisnya lagi menggunakan beberapa gambar tambahan.

Untuk blog kupu-kupu ini, aku memakai area shape yang menggunakan pemecahan koordinat dengan hanya 1 gambar utama. Awalnya rumit, tapi karena aku suka dengan tipe blog yang seperti itu, aku bersikeras mempelajarinya. Alhamdulillah bisa :D. Ada 3 navigasi yang aku buat. Bisa dilihat pada 3 kotak yang terdapat pada gambar yang dibawah. MY BUTTERFLY yaitu link home untuk blog ini. MY STROBERI yaitu link blog stroberi cokelat, blog punyaku juga. Terakhir, SAY HELLO yaitu shoutbox bergaya pop up yang berisi komentar dan sapaan dari teman-teman selama ini, makasih yaa :).

Dengan tampilan baru ini, aku mempraktekkan hover yang sedikit berbeda. Jenis hover aneh ini aku dapatkan sewaktu iseng mencari layout kupu-kupu. Kenapa aneh? karena jika Anda menyorot link-link atau gambar yang diberi link, akan menjadi terbalik bergerak secara flip horisontal. Penasaran? Coba saja arahkan kursornya ke gambar kupu-kupu yang ada di bagian welcome, sisi kanan blog ini. Kebalik kan gambarnya? Tapi, yang bisa lihat begitu hanya yang menggunakan browser Internet Explorer (IE) saja, lagi-lagi =)).

The last but not least, perihal shoutbox. Kali ini dimodifikasi dengan menggunakan layanan cbox pop-up yang sudah ada dari dulu. Hanya saja aku baru sekarang ingin menggunakannya. Dengan bantuan Uda bagaimana cara buatnya, lalu aku mengedit warnanya, akhirnya jadi deh cbox-nya hehe. Thanks ya,Uda, jangan bosan bantu Uni terus hihi :p.

Sekarang sudah sedikit puas dengan hasil gambar sendiri. Xiao You!! ;)

Update 09.04.09 : saat ini layout blog sudah diganti.

2 komentar:

  1. Tambah cakep az blognya, yang punya blog pasti ikut tambah cakep....

    Kapan2 ajarin Alpha opacity ya :D

    ReplyDelete
  2. Uni makasih banget Uda ga bosen2 bantuin Uni. Iya, ntar Uni ajarin deh, plus yg area shape juga ya ;). Uda kan ilmunya lebih dari Uni :p, Qt sama2 bljr ya...

    ReplyDelete

Pengen komentar, usul, kritik? Sah-sah az..ga bole malu2 yaaa =))