Review Twilight - Buku 1 dari Twilight Series Stephenie Meyer


Judul buku : Twilight
Pengarang : Stephenie Meyer
Penerbit di Indonesia : Gramedia
Jumlah halaman : 520 halaman
Sudah memasuki cetakan : Ketiga
Film di bioskop : Desember 2008
Rekor : selain bestseller, juga Author of the Month (Stephenie Meyer) bulan Desember versi Gramedia

Kisah ini berawal dari seorang gadis bernama Bella Swan yang terpaksa pindah dari kota Phoenix dengan segala kehangatan mataharinya ke kota Forks yang memiliki curah hujan tertinggi yang sangat dibencinya dimana disanalah Ayahnya, Charlie Swan menetap dan berprofesi sebagai Kepala Polisi di Forks. Awalnya Bella tinggal bersama Ibunya, Renee yang akan menikah dengan Phil.

Bella merasa enggan untuk bergaul dengan teman-temannya di Forks High School. Keengganannya ini tidak lebih dikarenakan ketidaksukaannya terhadap kota Forks yang sangat jarang "disinari" oleh sinar matahari. Lama-lama akhirnya Bella mempunyai teman seperti Eric, Mike Newton, Jessica, Angela, Tyler dan Lauren.

Saat jam makan siang berlangsung, Bella melihat ada sekelompok siswa yang terlihat berbeda dari siswa lainnya. Wajah-wajah mereka sangat tampan dan rupawan meski pucat dan usia serta postur tubuhnya tidak tampak seperti anak SMU. Berjumlah 5 orang yaitu :
  • Emmet Cullen Emmet Cullen

  • Rosalie Cullen Rosalie Cullen, tidak mempunyai pilihan lain selain menjadi vampir di saat impian-impiannya belum tercapai.

  • Jasper Cullen Jasper Cullen, awalnya adalah seorang tentara yang berubah menjadi vampir, diajak bergabung oleh Alice untuk masuk ke keluarga Cullen.

  • Alice Cullen Alice Cullen, mempunyai kemampuan bisa melihat masa depan, anggota termuda dalam keluarga Cullen.

  • Edward Cullen Edward Cullen, mempunyai kemampuan bisa membaca pikiran orang lain kecuali pikiran Bella.
Kelima orang ini merupakan anak-anak angkat dari Dr.Carlisle dan Esmee. Kesemuanya adalah vampir tepatnya vegetarian vampire yang artinya tidak memangsa darah manusia melainkan darah binatang. Tapi penduduk Forks tidak ada yang tahu jika keluarga mereka bukan manusia.

Cerita seru dari buku ini dimulai saat Bella memasuki kelas Biologi untuk pertama kalinya dan mendapatkan tempat duduk tersisa satu meja dengan Edward Cullen. Bau tubuh manusia dari Bella serta aroma darahnya yang menggiurkan membuat Edward tidak tahan duduk bersebelahan dengan Bella dan mengajukan perpindahan jadwal ke bagian administrasi namun urung karena tanpa sengaja Bella mendengar niat Edward tersebut.

Melihat tindakan Edward tersebut, Bella merasa ada yang "salah" dengan dirinya. Karena itu dia memutuskan untuk langsung menanyakan kepada Edward, namun selama beberapa hari Edward tak kunjung muncul. Sampai suatu saat, di kelas Biologi, Edward kembali masuk kelas dan mengucapkan HELLO pertamanya kepada Bella dan mulai mengobrol.

Bella merasakan ada sesuatu yang lain dari diri Edward. Dimulai dari peristiwa hampir tertabraknya Bella di tempat parkir sekolah yang tiba-tiba diselamatkan oleh Edward hanya dengan sebelah tangan menahan badan mobil Tyler sementara saat itu posisi Edward berdiri sangat jauh dari Bella. Dan kejadian selanjutnya saat Bella diselamatkan kembali oleh Edward dari ke-iseng-an anak-anak berandal dan tanpa sengaja jari Edward yang sangat dingin tersentuh oleh Bella di dalam mobil.

Saking penasarannya, Bella mencari tahu hal ini melalui internet dan akhirnya dia tahu bahwa Edward adalah seorang vampir. Namun hal ini tidak membuat Bella takut untuk berteman dengan Edward bahkan hingga akhirnya mereka saling jatuh cinta.

Sampai suatu ketika, di hari mendung yang penuh dengan petir yang menggelegar, keluarga Cullen mengajak Bella untuk bermain baseball. Namun keasyikan bermain tersebut diganggu oleh kedatangan 3 orang vampir yang tak diundang, yaitu James, Victoria dan Laurent. Yang akhirnya James yang lagi haus mengetahui bahwa di antara keluarga Cullen ada seorang manusia dan ingin memangsanya. Keluarga Cullen pun menyusun rencana untuk menyelamatkan Bella dari James. Apakah Bella berhasil diselamatkan?

Cerita berlanjut ke review New Moon, buku kedua lanjutan dari Twilight...

Artikel terkait :
Jangan Sampai 'Ga Nonton Film Twilight

0 komentar:

Post a Comment

Pengen komentar, usul, kritik? Sah-sah az..ga bole malu2 yaaa =))