Review Eclipse - Buku 3 dari Twilight Series Stephenie Meyer

Review Eclipse - Buku 3 dari Twilight Series Stephenie Meyer

Judul buku : Eclipse
Pengarang : Stephenie Meyer
Penerbit di Indonesia : Gramedia
Jumlah halaman : 684 halaman dengan 27 bab
Sudah memasuki cetakan : Kedua, Oktober 2008

Buku ketiga Eclipse ini secara garis besar menceritakan tentang pertempuran antara kaum werewolf dengan kaum vampir. Keduanya adalah musuh bebuyutan namun begitu masih tetap menghormati kesepakatan masing-masing.

Buku Eclipse ini juga menceritakan hal-hal yang mendasar seperti :
  • Latar belakang kehidupan Rosalie sebelum menjadi vampir.
  • Latar belakang kehidupan Jasper sebelum menjadi vampir jahat yang kemudian jenuh dan berubah menjadi vampir baik.
  • Cerita lengkap tentang legenda werewolf - manusia serigala.
Masih ingat dengan Victoria? Salah satu dari ketiga vampir yang datang tanpa diundang saat keluarga Cullen sedang bermain baseball? Victoria ini adalah kekasihnya James dimana Edward sudah membunuh James, oleh karena itu Victoria ingin membalaskan dendamnya dengan membunuh Bella.

Tentu saja hal ini membuat Bella ketakutan, dan bukan hanya Victoria tetapi keluarga Volturi juga membuat Bella khawatir karena keluarga tersebut akan memeriksa apakah Bella sudah menjadi vampir atau tidak, hal ini merupakan janji mereka (Edward, Alice, Bella) setelah pulang dari Italia.

Edward yang sangat ingin Bella tetap menjadi manusia, terus mencari cara namun Bella yang juga khawatir dengan usianya yang semain bertambah, tetap bersikukuh ingin menjadi vampir karena ingin hidup selamanya bersama Edward. Hanya dua dari tujuh jumlah anggota keluarga Cullen yang menolak Bella menjadi vampir yaitu Rosalie dan Edward.

Untuk menjadi vampir, seseorang harus digigit oleh vampir dan biarkan racunnya menyebar. Karena itu Bella sangat ingin Edward-lah yang melakukannya namun Edward mengajukan syarat yaitu menikah dulu dengan dirinya. Dan hal ini langsung ditolak oleh Bella dengan alasan Ibunya sudah ber-ultimatum jangan menikah sebelum umur 30 tahun dan mapan.

Jacob yang sangat mencintai Bella masih terus melakukan pendekatan, sampai suatu ketika di pantai La Push, Jacob mencium Bella dengan paksa. Hal ini membuat Bella langsung melayangkan tinjunya ke wajah Jacob, namun karena Jacob adalah werewolf, sangat kuat, malah jari Bella yang cedera dan patah.

Persaingan antara Edrwad dan Jacob terus berlangsung meski Bella sudah yakin dengan siapa dia memilih untuk hidup selamanya yaitu Edward. Hingga muncullah sebuah peristiwa yang sangat tidak diharapkan Bella yaitu Victoria kembali mencari dirinya dan kali ini membawa pasukan vampir muda dalam jumlah banyak.

Melihat hal ini, keluargar Cullen menyiapkan strategi untuk melakukan perlawanan dan meminta bantuan keluarga Tanya untuk menambah kekuatan mereka yang hanya berjumlah 7 orang. Namun, sayang, karena Laurent (kawannya Victoria) pernah tinggal dan dekat dengan keluarga Tanya, maka mereka memutuskan tidak mau membantu.

Tanpa disangka, Jacob dan teman-temannya yang semuanya adalah werewolf, mengajukan tawaran ingin membantu mereka untuk menyerang Victoria dan memusnahkannya. Kemudian kedua kubu ini pun langsung menyusun siasat yang dipimpin oleh Jasper. Sampai hari itu tiba, Victoria datang dengan pasukannya, juga hari dimana Bella mendapatkan keyakinan lain bahwa dirinya ternyata mencintai Jacob juga.

Peperangan pun dimulai dan Victoria berhadapan dengan Edward dan dibantu oleh Seth, werewolf muda yang baru jadi. Sementara yang lainnya juga bertempur melawan vampir-vampir muda lainnya.

Sekali lagi, apakah Bella berhasil diselamatkan dari bahaya vampir?
Apa yang sebenarnya terjadi saat keluarga Volturi datang ke Forks?
Maukah Bella memikirkan kembali tawaran menikah dari Edward dan menerimanya?
Siapakah yang akan dipilih Bella, Edward atau Jacob?

Akhirnya..selesai juga baca tiga buku Stephenie Meyer yang keren ini dan sudah tidak sabar ingin Breaking Dawn buku ke-4, segera terbit. Penasaran banget tentang kelanjutan kisah cinta Edward dan Bella..meski sempat ilfil (baca: hilang feeling) melihat plin-plannya Bella di buku Eclipse :(

Artikel terkait :

6 komentar:

  1. hari ini saya baru aja nonton film twilight, baru tau ada kelanjutannya ya..eclipse, jadi ga sabar buat baca kali ya kalo nnt mah ga mungkin wong twilight aja baru..hehehe

    ReplyDelete
  2. Ngotot banget tuh Jake, emaknya gak dapet, anaknya diimprint =))
    Waktu baca Twilight, gak nyangka ceritanya akan berkembang sejauh ini hingga Eclipse. Entah bagaimana kisah lengkap ke-lima buku ini.

    ReplyDelete
  3. emang sebel bgt baca eclipse..aku juga ilfil bgt..

    baca breaking dawn aneh aja rasanya.. bisa2nya jacob cinta sm ibu en anak.. hahahaha...

    ReplyDelete
  4. GUYS!! UDAH BISA PRE-ORDER breaking dawn versi bahasa indonesia di kutukutubuku.com

    Buruan Pesan sekarang, soalnya bisa dapat FREE PIN untuk 100 pemesan pertama. Untuk desain pin nya ada beberapa pilihan bisa di VOTE di http://blog.kutukutubuku.com/2009/01/09/pre-order-breaking-dawn-edisi-bahasa-indonesia/

    ReplyDelete
  5. tapi aneh juga sih kalo menurut gw, di new moon kurang seru menurut gw, di eclipse lebih lumayan seru di banding new moon.. breaking dawn gw blon selesai baca..halaman nya 864.. keriting keknya ne.. mukin 6 hari baru selesai gw baca...
    gw denger stelah breaking dawn ada buku ke-5, kemaren gw denger judulnya MIDNIGHT SUN, tapi uda sempet bocor di internet naskahnya, tapi aneh.. knp GPU menulis TAMAT di akhir halaman?

    ReplyDelete
  6. Great Book, I like it so much. Gw baru nonton filmnya and berminat buat bacanya.

    ReplyDelete

Pengen komentar, usul, kritik? Sah-sah az..ga bole malu2 yaaa =))