Ternyata Beras Pandan Wangi-nya Palsu

Sore ini sehabis nonton ulasan film Laskar Pelangi di acara infotainment Kasak Kusuk Investigasi, aku langsung ganti channel ke Global TV dan berita yang disajikan sungguh membuat terkejut.

Beras Pandan Wangi palsu. Palsu dalam arti beras non-pandan wangi yang diberi pewangi dengan aroma pandan. Hmm...satu lagi "keajaiban" di masyarakat kita. Berita tersebut menyebutkan kejadiannya berada di daerah Jawa Barat. Cara pemalsuannya pun cukup mudah yaitu setelah beras digiling lalu disemprotkan cairan yang sudah dicampur dengan essens pandan. Lalu dijual dengan merek Pandan Wangi.

Dengan keterkejutan sambil menghela nafas, mengingat saat Mama menyuruh pembantu membeli beras untuk ketupat yaitu beras Pandan Wangi. Dan ternyata saat hari lebaran pertama, kami sekeluarga menyantap ketupat dan hidangan lainnya. Baru tahun ini rasa lontong ketupatnya aneh. Pecah, lembek dan 'ga enak rasanya.

Awalnya kami hanya mengira itu beras yang sudah lama. Namun ternyata setelah melihat berita tadi, akhirnya baru tahu penyebab aslinya. Besar dugaan beras yang kami beli itu adalah Pandan Wangi versi yang palsu. Beras yang kurang kualitasnya disulap menjadi beras Pandan Wangi yang sudah memiliki kualitas jempol. Pantesan...

Alhasil, untungnya kami punya persediaan ketupat mini praktis dari negara tetangga. Karena dimana lagi bisa mencari penjual sarang ketupat setelah hari lebaran tiba?? Dan lebaran tahun ini pun tidak jadi gagal hehehe..

0 komentar:

Post a Comment

Pengen komentar, usul, kritik? Sah-sah az..ga bole malu2 yaaa =))