Gaya Hidup Sehat

Bergidik, setelah tahu banyak juga yang meninggal karena kolesterol yang tinggi. Jarang olahraga dan tidak menjaga makanan serta gaya hidup yang salah, bisa menjadi pemicu tingginya kolesterol. Sejak check up hampir sebulan yang lalu, baru ketahuan kalau kadar kolesterol-ku sangat tinggi. Sejak itu pula, larangan datang bertubi-tubi dari orangtuaku termasuk Uda Dewa :D.

Pizza, fastfood, seafood, bakso, goreng2-an, kuning telur, mie instant. Itulah sederet makanan yang selama ini sering aku konsumsi. Ditambah dengan masakan Mama yang suka bersantan, maklum orang Padang :D. Ditambah olahraga yang sangat jarang, karena kebiasaanku olahraga kalau terasa sudah naik beberapa kilo saja =)).

Setelah flashback, melihat akibat dari gaya hidup yang tidak teratur dulu terutama dari makanan, aku pun berniat untuk mengikuti gaya hidup sehat. Karena selain berpengaruh positif untuk kehidupanku, aku juga ingin mengajak Uda Dewa untuk bersama-sama menghilangkan kebiasaan buruk. Saling memberi contoh tanpa terlalu memaksa, inilah yang kami lakukan, lama-lama juga akan terbiasa karena kebiasaan itu yang akhirnya sadar akan pentingnya kesehatan.

Berikut beberapa kiat menurunkan kolesterol berdasarkan pengalamanku :
  • Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak-santan, kuning telur, telur puyuh, fastfood, seafood terutama kerang.
  • Meminum teh minimal sehari sekali, lebih baik jika teh hijau, yang secara penelitian, bisa membunuh berbagai penyakit akibat virus. Karena ternyata teh sangat bagus untuk kesehatan terutama keseimbangan hidup. Ini dari yang aku baca di majalah & tabloid.
  • Meminum produk sejenis minyak kelapa murni yang banyak dijual di pasaran dan sejenis kapsul dari rumput laut. Ini atas anjuran Papa-ku.
  • Mengkonsumsi buah alpukat sehari satu buah. Banyak yang bilang justru alpukat bisa membuat kolesterol tinggi. Itu bisa terjadi jika dicampur atau dijadikan sebagai jenis makanan baru. Cukup murni buahnya saja, yang langsung dimakan dari kulitnya dengan sendok makan. Jika tidak suka alpukat, boleh diganti dengan apel jenis apapun yang dimakan tanpa dikupas kulitnya. Ini atas anjuran dokter spiritual-ku :).
  • Olahraga jangan lupa, 10 menit sudah cukup setiap pagi sehabis sholat Subuh (bagi yang Muslim).
  • Tahan godaan yang datang ketika makanan favorit (yang mengundang kolesterol) terlihat di depan mata :D hehe.
  • Selamat menjalani hari-hari dengan semangat & kekuatan yang baru.

  • Berkaitan dengan kesehatan, aku ingin menitip pesan seperti yang pernah kudapatkan dari email yang dikirimkan oleh seorang teman. Jangan pernah mengkonsumsi air minum dari botol minum yang tertinggal di dalam mobil. Ya, seperti botol minuman plastik gitu. Karena panas dan plastik dari botol itu bisa menjadi pemicu terkena kanker payudara.

    Jujur, waku mendapat email ini, aku langsung kaget. Secara aku memang selalu membawa botol minuman plastik *q** kemanapun aku pergi dan kutinggal di dalam mobil dekat tape. Malah aku sempat berinisiatif menyimpan satu dus botol minuman plastik sebagai tabungan minuman-ku di saat darurat. Sejak itu, aku tidak pernah lagi menyimpannya di dalam mobil. Mencegah lebih baik daripada mengobati :).

    0 komentar:

    Post a Comment

    Pengen komentar, usul, kritik? Sah-sah az..ga bole malu2 yaaa =))