Review Breaking Dawn - Buku Keempat Stephenie Meyer

Breaking Dawn adalah judul buku keempat dari lanjutan seri Twilight setelah Twilight, New Moon dan Eclipse. Di negara aslinya, USA, buku Breaking Dawn sendiri sudah terbit tahun kemarin tepatnya tanggal 2 Agustus 2008 dengan rekor penjualan di hari pertama launching-nya mencapai 1,3 juta eksemplar.

Kisi-Kisi Breaking Dawn - Buku Keempat Stephenie Meyer
credit picture to www.kutukutubuku.com

Buku Breaking Dawn ini memiliki sub judul "Awal Yang Baru". Yang secara global menceritakan tentang kehidupan Bella setelah bertransformasi menjadi vampir. Dengan cover yang menggambarkan siluet seorang wanita, sudah pasti itu sosok Isabella Swan atau Isabella Cullen kali yaaa...? Hehehe..

Selengkapnya buku Breaking Dawn ini membuat alur dengan jalan cerita seperti di bawah ini :

"Dalam buku ketiga, Eclipse, Edward memberikan syarat bahwa Bella harus menikah dulu dengan dirinya jika ingin Edward yang membuat dia berubah menjadi vampir. Akhirnya dalam buku keempat Breaking Dawn ini, Bella resmi menikah dengan Edward dan berbulan madu di sebuah pulau terpencil di negara Brasil. Yang kemudian diikuti dengan berita bahagia bahwa Bella hamil, namun tidak bagi Edward karena dirinya mendorong Bella untuk menggugurkan kandungannya. Bella tetap menginginkan bayinya dan curhat ke Rosalie, seseorang yang sangat berharap memiliki anak sebelum terpaksa diubah menjadi vampir.

Seperti halnya Edward, begitu juga dengan sekawanan werewolf yang memutuskan untuk menghilangkan bayi yang ada di dalam kandungan Bella meski dalam prakteknya nanti harus membunuh Bella juga. Tentu saja hal ini sangat ditentang oleh Jacob dan dia akhirnya mengundurkan diri dari kawanan tersebut bersama Seth dan Leah.

Kira-kira dalam waktu hanya sebulan sejak kehamilannya, Bella melahirkan seorang anak perempuan yang diberi nama Renesmee. Setelah proses melahirkan inilah akhirnya Bella bertransformasi menjadi vampir dikarenakan Bella mengalami kekurangan banyak darah saat itu dan Edward memutuskan "Inilah saatnya". Sementara Jacob yang ikut hadir dalam proses persalinan, tiba-tiba mengalami imprint terhadap Renesmee dan menyatakan telah menemukan soulmate-nya kini.

Sementara di sisi lain, ada seorang vampir bernama Irina yang merupakan komplotan Volturi, menduga bahwa Renesmee adalah seorang bayi abadi, bayi yang berubah menjadi vampir. Sementara dalam undang-undang di keluarga Volturi (penguasa vampir), bahwa kehadiran bayi abadi dinyatakan tidak sah dan harus dimusnahkan karena akan mengancam kerahasiaan kehidupan vampir di muka bumi yang telah dijaga selama ini.

Oleh karena itu, keluarga Cullen segera membuat sebuah strategi dengan mengumpulkan semua vampir yang ada di seluruh dunia untuk dijadikan sebagai saksi dan membuktikan bahwa Renesmee bukanlah bayi abadi. Setelah Volturi bertemu dengan para sekutu Cullen ini, akhirnya mereka memutuskan untuk meng-eksekusi Irina karena telah melakukan kesalahan. Namun, bagaimanapun juga keluarga Volturi masih membutuhkan bukti yang kuat dan......

*********** STOP! Berhenti dulu ya bacanya ***********

* hidden ending breaking dawn *--------------------------* ending breaking dawn *


.......beruntung bagi Renesmee, bukti tersebut didapat dari Alice dan Jasper. Keduanya berhasil mendatangkan seorang kepala biara yang telah berusia 150 tahun yang juga merupakan hasil dari perkawinan silang antara manusia dengan vampir, seperti halnya Renesmee.

Volturi pun akhirnya mengakui bahwa Renesmee bukanlah bayi abadi dan bukan ancaman yang akan membocorkan rahasia mereka. Edward, Bella dan buah hati mereka, Renesmee, akhirnya hidup bahagia dalam kedamaian."

* Sumber : wikipedia *
Ternyata ceritanya bernuansa romantis menegangkan neh. Banyak kejadian mengejutkan. Proses transformasi Bella menjadi vampir pun ternyata terjadi tanpa rencana, jadi lebih seru karena ada prosesnya meski dengan cara yang tak terduga ;). Akhirnya lengkap sudah cerita Twilight Saga dan seperti biasa, cerita cinta yang kebanyakan berakhir dengan happy ending..itulah yang terjadi di Breaking Dawn.

6 komentar:

  1. Wah, lengkap neh reviewnyah :D
    Seri Twilight-nya tamat sampai Breaking Dawn ato dilanjut sampe ada buku ke-5 ya?

    ReplyDelete
  2. sepertinya kecil kemungkinannya,Cha...Stephenie-nya ngambek gara2 Midnight Sun yang disinyalir sebagai buku ke-5, ada yang ngebajak jadi e-book.. tapi berharap az beliau mau ngelanjutin nulisnya lagi ;)

    ReplyDelete
  3. gw dah baca breaking dawn. menurut gw breaking dawn adalah seri twilight yg paling lucu, apalagi bagian honeymoon-nya edward n bella.

    midnight sun bukan buku ke 5, tapi twilight dari sudut pandang edward. gw juga udah baca sampe chapter 12, so fascinating!! mudah2an tante stephenie ga ngambek lama2 n mo nerusin midnight sun.

    ReplyDelete
  4. breaking dawn di batam belum keluar ? kapan yaa keluarnnya ? yg udh baca siapa ?

    ReplyDelete
  5. breaking dawn uda keluar, jadwalnya 31 januari kemaren, tapi gw dateng ke gramedia tgl 30 uda ada kok.
    hehehehehe

    ReplyDelete
  6. duh ....
    so sweet bgd .. dagh !!

    ReplyDelete

Pengen komentar, usul, kritik? Sah-sah az..ga bole malu2 yaaa =))