Deeper, Sekuel Tunnels from Gordon & Williams

Kilas balik dari post tentang buku pertamanya, Tunnels, merupakan kisah petualangan anak remaja (Will Burrows) yang sedang mencari Ayahnya (Dr. Roger Burrows) yang menghilang di bawah tanah. Buku Tunnels yang sudah diterjemahkan ke dalam 30 bahasa ini dan menjadi bestseller di negara Perancis, Rumania dan Republik Ceko, memang benar menyuguhkan kisah seru yang tidak pernah terpikirkan oleh manusia akan adanya dunia bawah tanah. Kini, Tunnels yang sudah direncanakan akan diproduksi filmnya ini telah hadir buku keduanya yang diberi judul DEEPER, terbit bulan November 2008 kemarin.

Deeper yang memiliki sub judul "Petualangan Maut Menuju Pusat Bumi" ini menyajikan kisah petualangan bawah tanah yang lebih seru, lebih menegangkan dan benar, lebih maut seperti judulnya. Banyak cerita baru dan lebih dalam yang disajikan oleh kedua penulisnya, Roderick Gordon dan Brian Williams. Seperti asal-usul Colony, Styx yang sebenarnya, penduduk lain di samping Colony seperti Coprolite.

Deeper, Sekuel Tunnels from Gordon & Williams

Judul : Deeper (Petualangan Maut Menuju Pusat Bumi)
Penulis : Roderick Gordon dan Brian Williams
Penerbit : PT. Mizan Pustaka (www.mizan.com)
Cetakan : I, November 2008
Jumlah halaman : 810 halaman, 5 bagian dengan 53 bab

Deeper bercerita tentang kelanjutan petualangan Will Burrows dalam mencari Ayahnya, Dr.Roger Burrows yang menghilang di bawah tanah menuju ke daerah yang lebih dalam, Deeps. Kini dia ditemani oleh adik kandungnya Cal dan temannya, Chester Rawls. Di dalam perjalanannya, ketiga anak remaja ini banyak mengalami hambatan, seperti bertemu hewan yang mirip dengan kelelawar yang bersifat karnivora. Namun mereka terkadang dibantu dengan hadirnya Cal, yang memang penduduk asli Colony, penduduk asli bawah tanah, dimana sedikit banyak tahu keadaan khususnya perjalanan menuju Deeps.

Mereka menemukan sedikit jejak Dr.Burrows di sebuah perpustakaan saat mencapai Crevice Town yang seperti kota hantu. Dan saat mereka mencapai suatu daerah yang disebut Great Plain, perkampungan Coprolite, dalam perjalanannya mereka mencium sesuatu yang manis dari sebuah lorong. Ketiganya langsung memasuki lorong tersebut, tapi sayang ternyata itu adalah jebakan gula, yang dapat membuat siapa saja sulit untuk bernafas dan itu terjadi pada Cal yang akhirnya terbujur kaku.

Kemudian Will dan Chester yang berhasil menyelamatkan diri, bertemu dengan Drake dan Elliot. Keduanya bisa dibilang prajurit kemerdekaan yang ingin menumpas kaum Styx, penguasa bawah tanah. Akhirnya Will bersedia untuk bergabung dengan keduanya.

Kisah petualangan mereka diselingi dengan kisah ibu kandung Will dan Cal yaitu Sarah Jerome. Sarah adalah keturunan asli pendiri Colony yang berhasil meloloskan diri dan hidup layaknya kaum topsoil (manusia bumi) selama 12 tahun. Hingga akhirnya Sarah bertemu dengan anjing hunter peliharaannya Cal dan "ditangkap" oleh Rebecca beserta pasukan Styx lainnya agar kembali ke Colony. Sarah yang dicuci otaknya oleh Styx bahwa Will-lah yang menyebabkan kekacauan yang terjadi di Colony termasuk yang membunuh Tam Macaulay-abangnya (pamannya Will) serta membawa paksa anak bungsunya,Cal (adik kandungnya Will). Karena itu Sarah berniat ingin menemukan kembali Cal dan membalas dendam kepada anak pertamanya, Will.

Berhasilkah Will menemukan Ayah angkatnya, Dr.Roger Burrows dalam buku kedua, Deeper, ini?
Bagaimanakah nasib Cal selanjutnya di jebakan gula tersebut?
Siapakah Drake dan Elliot itu sebenarnya?
Siapakah Rebecca itu sebenarnya ?
Benarkah Sarah akan membalaskan dendamnya terhadap anak kandungnya sendiri?

Secara jujur, dibandingkan Tunnels, aku lebih suka dengan buku keduanya, DEEPER. Lebih seru, lebih kompleks dan porsi cerita bawah tanahnya lebih besar, karena fantasiku akan daerah bawah tanah membuat penasaran bagaimanakah nantinya film Tunnels akan dibuat, akan tampak seperti apa. Di akhir cerita, Deeper dilanjutkan ke buku ketiga dengan judul FREEFALL.

5 komentar:

  1. Duh.. malah dah hampir lupa cerita Tunnels'y. Kelamaan sih rentang waktunya, g seperti Twilight...
    Besok beli ah.. Di Kuningan juga kayaknya dah ada :D

    ReplyDelete
  2. twilight cs juga gitu kale,Cha..itu mah Qt'y az yg lsng bc 3 sekaligus, jadi'y terserap semua'y :D

    ReplyDelete
  3. Biasanya cerita yang di buku lebih bagus daripada di filmkan, kalo udah jadi film kesannya tanggung banget dan ga se seru cerita dalam buku, jadi mendingan jangan bayangin kalo di filmkan hehehe

    ReplyDelete
  4. Setuju Deeper lebih imaginatif dari tunnels. Gak sabar nunggu novel terakhirnya nih, "Freefall". Kapan terbit yah?

    ReplyDelete
  5. dimana saya bisa download novel nya online? terutama yang bahasa indonesia
    terimakasih

    ReplyDelete

Pengen komentar, usul, kritik? Sah-sah az..ga bole malu2 yaaa =))